Yantek Merupakan Kepanjangan Tangan PLN Dalam Pelayanan Gangguan

PLN merupakan perusahaan listrik Negara yang memiliki pelanggan hampir semua penduduk Indonesia. Agar kualitas pelayanan pelanggan teratasi dengan cepat dan memberikan kepuasan pada pelanggan, maka PLN melakukan kerjasama dengan perusahaan yang ditunjuk sebagai vendor dari Pelayanan Teknik Yantek. Sehingga karyawan yantek merupakan karyawan dari perusahaan vendor tersebut, bukan karyawan PLN. Tapi jika peusahaan vendor diganti dengan perusahaan lain, karyawan yantek masih tetap dipertahankan.

Tugas Yantek yaitu melayani gangguan listrik pelanggan dari jaringan Tegangan Menengah (TM), Trafo Distribusi, Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Saluran Rumah Tangga (SR), sampai kwh listrik di rumah pelanggan.

Waktu Respons Time dalam pelayanan gangguan adalah 45 menit harus sampai ke rumah pelanggan, dan 3 jam merupakan batas maksimal pelanggan mengalami padam. Tentu saja Yantek menanggung beban yang cukup berat karena setiap wilayah kerja dari sebuah kantor pelayanan saja misalnya mencakup rata-rata 2 kecamatan dengan area wilayah yang tidak menentu, kadang harus melewati gunung dan hutan sehingga untuk menempuh satu lokasipun kadang tidak cukup waktu 1 jam perjalanan.

Tapi diharapkan bukan Cuma SDMnya saja yang terus ditingkatkan, tapi dari kualitas perusahaan sendiri harus seiring sejalan. Jangan sampai kewajiban dari para petugas yantek telah terpenuhi, tapi haknya sulit sekali didapatkan.



Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>